Full width home advertisement

Kuliah

Buku Harian

Post Page Advertisement [Top]

Tahun ajaran baru itu identik dengan murid baru, wajah baru, dan cewek baru *uhuk. Tapi bukan itu aja kok yang baru, pada dasarnya murid dikelas XI bakal naik ke kelas XII dan kelas X bakal naik ke kelas XI (kecuali kalo kamu betah dikelas X), buat anak kelas XI sih enak mereka cuman melanjutkan pelajaran mereka dari kelas XI aja dan tentunya gak ada lagi milih jurusan, pertanyaanya datang dari anak kelas X mereka bakal milih jurusan apa?

Jujur ya jurusan itu sama seperti langkah pertama kita untuk sebuah game RPG mungkin mirip seperti kita memilih JOB yang bakal berpengaruh dengan jalannya cerita di game tersebut, apabila salah pilih? kedepannya mempengaruhi karakter yang udah kita bangun dari 0. Mungkin begitu juga dengan jurusan untuk anak kelas X, salah pilih maka akan berpengaruh dengan perkembangan kita untuk kedepannya.

Oleh sebab itu dengan secara sadar dan tidak sadar gue menuliskan artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi gue yang udah asem laut milih jurusan waktu kelas X, kalo kamu baca judul postingan ini? sebenarnya gue gak bermaksud mengagung-agungkan jurusan IPA tapi gue mau membuka semua hal tentang IPA biar kamu bisa pertimbangkan apa bener dan yakin udah milih IPA atau mungkin bisa menolakknya.



Bukan hal yang aneh lagi kalo anak X itu ngebet pengen masuk IPA, katanya biar bisa dibilang Genius, Keren, dan Berwibawa. Kalo kamu berpikir begitu, maka cepat atau lambat kamu bakal betah di IPA selama 3 bulan aja, yap seperti penulis yang pernah putus asa di Jurusan IPA -_- untungnya bisa bangkit Hha. Rata-rata yang pengen masuk IPA itu banyak misalkan dari 200 siswa tahun gue dulu ada sekitar 120 lebih yang mau masuk IPA tapi yang keterima cuman 90 orang, terus penilaian anak IPA itu dimulai dari kelas X (ialah masa kelas XI) dengan mencakup 3 hal yaitu prilaku, kerajinan dan nilai, untuk kata yang terakhir mungkin kalo nilai kamu tinggi sih enak nah yang pas-pas an kehidupan dia bakal suram terus galau tanpa masalah yang pasti. Nilai kita itu bakal di urutkan dengan beberapa kelas lain? Suramkan! Jadi kalo kamu emang gak punya nilai mencukupi mungkin bisa pilih jurusan lain walau gak ada salahnya juga mencoba, kalo emang rezeki pasti gak kemana.

Selain itu kalo kamu udah masuk IPA, pelajarannya itu bakal susah banget kalo kamu niatnya setengah-setengah. Gimana gak susah Matematika dalam seminggu ada 4-6 Jam, Fisika 4 Jam dan Kimia 4 Jam belum pelajaran lain, PR yang gak berkesudahan, hapalan yang tak akan pernah habis dan tentunya praktek aneh-aneh misalnya kita disuruh lihat air gentong netes terus dihitung kecepatannya -_- nerbangin balon udara pake asap lah, dan yang paling parah itu kehidupan lo hanya sebatas belajar, midtes, terus remedi (bukan lagu adele loh) kalo kamu gak serius Hha.

Disaat jurusan lain banyak diluar ruangan untuk belajar, Jurusan IPA hanya akan berkutik di kelas, lab kimia, dan perpustakaan dengan pensil terselip diantara telinga dan rambut mirip pembangun rumah wkk. Kamu bakal banyak kehilangan waktu untuk senang-senang, dan semuanya itu ada enak dan gak enaknnya pokoknya kamu bakal merasakan semuanya saat kamu yang menjalaninya sendiri.

Dulu sih alasan orang banyak pilih jurusan IPA biar katanya masuk kuliah nanti enak? Sebab pilihan jurusannya itu banyak banget, tapi sekarang kayanya gak ngaruh. Kalo kamu emang pengen masuk jurusan anak IPA saat kuliah nanti walau kamu dari jurusan lain bisa kok? Asalkan saat ujian nanti kamu bisa menjawab semua soal tersebut dengan benar (ialah), kecuali mungkin kedokteran. Masalahnya mungkin timbul saat kamu nanti udah dikampus, sebab kamu bakal belajar lagi materi Anak IPA. Kalo anak IPA ia bisa pilih jurusan manapun yang ia suka (mungkin karena anggapan orang anak IPA itu genius padahal enggak juga kok), namun permasalahannya sama kaya anak jurusan lain, anak IPA bakal belajar lagi materi anak jurusan lain. Kalo ia ngambil jurusan ekonomi otomatis ia harus paham konsep ekonomi dasar waktu SMA kan.

Sampai tulisan ini kamu udah pikir pikir pilih IPA atau enggak?

Kalo menurut gue sih pilihan terbaik itu yang nentuin ya diri kita sendiri, jadi sekarang tanyakan ke diri kamu? Yakin mau jadi anak IPA!

Dari semua itu mungkin ada hal spesial yang hanya dimiliki anak IPA, dan bakal gue uraikan satu persatu:
  •       Gak pernah kesepian
Yap anak IPA gak pernah kesepian, apapun harinya sebab setiap hari selalu ada PR -_-“, tapi bukan itu yang mau gue bahas, kalo kamu udah jadi anak IPA hidup kamu itu selalu penuh teman walau cuman dikelas, keakraban dan kekompakkan satu sama lain dikelas juga yang bakal bikin kita gak pernah merasa sendiri dan yang terpenting suasana kelas itu selalu heboh dari yang penting sampai gak penting amad misalnya saat teman gue bertanya kenapa air gentong bocor dihitung jawaban anak dikelas pada absurd, ada yang jawab mungkin dengan begitu dia bakal amnesia sama mantannya.
  •       Rata-rata orangnya Gila


Mungkin karena udah stress anak IPA itu semua rata-rata pada konslet, jadi kalo gak ada tugas atau guru lagi cuti anak IPA bakal teriak “MERDEKA” dengan semangat terus santai, main bola, nonton film. Diakhir jam pelajaran guru masuk kekelas dan bertanya “udah tugasnya?” dengan muka polos satu kelas bakal bilang belum bu! Hanya beberapa orang yang bilang udah dan biasanya orang ini yang bakal diteror satu kelas :v akhirnya tugas di PR kan dan bertambahlah tugas yang semakin membuat gila.
  •       Remedi hal yang biasa
Nah ini ya juga, kalo kamu remedi pada awalnya emang kecewa banget tapi untuk yang selanjutnya kamu pasti bakal bilang “remedi lagi ya? Ya udah tinggal kerjakan lagi” seakan akan remedi itu seperti saat kita BAB, mau gak mau harus diselesaikan kalo enggak yang gak bakal selesai.
  • Pantat udah terbisa buat duduk
Bukan hal yang tabu lagi kalo kamu anak IPA maka pantat kamu bakal lancet sebab waktu buat duduk lebih lama dari pada berdiri. Istirahat juga mungkin dipangkas habis buat tugas yang deadlinenya hari itu juga, so udah siap?
  • Kamu bakal kangen kalo udah lulus
Yang terakhir ini sekarang lagi gue alami, gue selalu kangen dengan suasana kelas yang gaduh, PR dari sekolah yang selalu bikin gue ketawa sendiri, kelakuan teman gue saat guru gak ada yang pada aneh dan kekompakkan kelas itu loh semuanya udah berakhir. Walaupun dikelas lain juga kaya gini, tapi yang bikin kelas IPA itu beda adalah kalo remedi kita bakal ngerjakan tugasnya bagi-bagi gak sendiri-sendiri, tau yang namanya menghargai waktu sebab tugas anak IPA selalu banyak, selalu berusaha menjadi yang terbaik, sering terjatuh namun sesering itu juga bangkit dan rasanya 2 tahun jadi anak IPA itu gak ada hal yang mengecewakan malahan kita bakal ketawa sendiri kalo ingat kelakuan kita waktu dimasa-masa tersebut, sebab semuanya gak ada yang benar walau ada tapi banyak absurdnya.

Dulu alasan gue memilih IPA itu simple karena udah janji sama kaka sepupu dan orang tua, terus gue gak terlalu suka sama pelajaran di studi lain dan lebih tertarik dibidang IPA. Oleh sebab itu waktu kelas X gue bertekad agar selalu masuk 5 besar, Akhirnya karena udah minat, nilai mencukupi, gue resmi masuk jurusan IPA (Thank’s XI-IPA 3 dan XII-IPA 3).

Pada intinya itulah yang gue alami selama 2 tahun belakang, kalo kamu udah siap! Selamat ya.

Tapi jangan jadikan patokan loh, bukan hanya anak IPA kok yang seru, jurusan lain juga mungkin seru apabila gue pernah merasakannya tapi sayang dalam kesempatan tersebut gue gak merasakannya, dan satu-satunya kesempatan yang gue ambil adalah menjadi anak IPA.

Sekali lagi gue gak mencoba mempengaruhi kamu ya? Gue hanya bercerita rasanya menjadi anak IPA itu seperti apa, suka dukanya, dan pengalaman apa yang dapat kita ambil saat kita memilih jurusan ini. Sebab semua jurusan itu baik kok, tergantung kita yang menjalaninya dan bagaimana kita membuat mindset bekerja bahwa hal yang kita pilih ini bakal menyenangkan

Intinya kalo kamu milih jurusan diskusikan dulu dengan orang terdekat kamu, minta rekomendasi dengan guru sekolah dan yang terakhir dengarkan kata hati kamu apa? Jawaban terbaik selalu berawal dari diri sendiri.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]